Wednesday 4 March 2015

Motivasi diri - kesan pertama

Jadi teman saya ini adalah seseorang yang sangat aktif, walaupun golongan darah kami sama sama O , ya mungkin bisa dibilang sangat berbeda ...

Tapi satu hal yang saya ingat dan sangat membekas sampai sekarang, ketika itu saya ingin berkenalan dengan seseorang dan bisa dibilang sih gagal dan hanya bisa tersenyum pasrah. Teman saya ini berkata:
"Ji (nama saya), pertama kali saya ketemu orang (khususnya wanita) - saya pukul punggungnya sampai dia merasakan sakit, setelah itu saya minta maaf dan tersenyum. Walaupun dia tidak memaafkan saya seenggaknya dia bakal mengingat kejadian itu sampai lama"


Kesan pertama yang dilakukan seseorang terhadap orang lain bisa menunjukan bagaimana respon yang didapatkan ketika akan berhadapan di kesempatan lainnya.
Ketika kesan pertamanya positif, mungkin keeseokan harinya dia akan mencari cari kesempatan untuk bertemu lagi dengan kita, bahkan ketika bertemu akan selalu mengingat nama kita. Begitu juga ketika pesan pertama yang datar dan biasa, maka lawan bicara kita mungkin bahkan tidak akan mengingat nama kita ketika bertemu keesokan harinya.

Maka kesan pertama selalu harus dibuat nyaman dan selalu diingat termasuk ketika kita bertemu dengan seseorang yang sangat penting seperti partner bisnis, investor, teman yang bertemu, wanita idaman ... ehemmmm , bahkan calon mertua.

Tidak ada yang dilahirkan jenius dalam bersosialisasi bahkan saat kesan pertama dibuat, semuanya bisa dipelajari bahkan dipraktekan melalui pengetahuan. Mereka yang bahkan seperti memiliki kecantikan luar dalam ketika orang pasti akan selalu mengingatnya-pun pasti bisa merasa minder dalam berkenalan dengan orang

Disini saya akan memberikan beberapa tips untuk membuat kesan pertama yang baik dalam bertemu sesorang yang baru kita kenal, monggo disimak :


  1. Tersenyum ketika bertemu dengan siapapun termasuk orang baru, First impression ditentukan oleh 7 detik pertama berkenalan
  2. Jangan lipat tanganmu,jangan menunduk, terbukalah
  3. Jangan menunggu untuk diperkenalkan, inisiatif diperlukan
  4. Ketika kita tahu, panggil saja namanya dalam perkenalan
  5. Bertanya sesuatu yang simple seperti "berasal dari kota mana kamu?"
  6. Atau pertanyaan yang melenceng kemana mana untuk membuatnya tidak bosan
  7. Lihat mata seseorang ketika bicara
  8. Harus fokus pada lawan bicara dan jangan sibuk dengan handphone
  9. Berbicara dengan jelas untuk didengar lawan bicara
  10. Sentuhan seperti tepukan pundak, jabat tangan sangat efektif dalam berkenalan
  11. Membuat lelucon tentang apa saja

Ya semuanya bisa dipelajari ... atau bisa ber-improvisasi ... Tapi ada juga yang berpendapat Seseorang tidak bisa dinilai dari kesan pertama bertemu, karena manusia berkembang dan tumbuh.
Ketika kita bertemu untuk kedua kalinya bisa saja mood seseorang berubah dan mengeluarkan aura yang berbeda ... bagaimana menurut teman teman ???

- Aji Abriansyah:2015 -

No comments: