Tuesday 12 November 2013

Biasakan berdo'a

Rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanatawwafil aakhiroti hasanatawwaqinaa 'adzaa bannaar
Itu do'a yang saya dapat ketika mentoring beberapa hari lalu dengan beberapa teman kantor yang setiap minggunya berkumpul demi mendapatkan ilmu dari pementor yang ilmunya melimpah. Yaa dibandingkan dengan saya memang umurnya itu sedah jauh diatas saya entah berapa tahun, saya yang memang masih dan memang paling muda dari teman teman yang lain. Doa itu yang saya dengar adalah do'a yang selalu Rosulullah S.A.W panjatkan setiap harinya, itu do'a yang seorang panutan dalam hidup manusia ucapkan setiap hari. Itu doa untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat dan untuk kebaikan kehidupan di dunia ini dan kebahagiaan nanti kita di alam baka.
Ya Tuhan Kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka
Seketika saya tersentak, menahan pandangan. Subhanallah saya yang bukan apa apa dan belum tentu mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat saja tidak pernah memanjatkan do'a seperti itu setiap hari. Namun beliau yang hidupnya saja sudah menjadi keajaiban besar, dan matinya sudah dijamin masuk ke Surga-nya Allah, masih memanjatkan do'a seperti itu.
...
Kemudian materi selanjutnya adalah kriteria kebahagiaan di dunia, mungkin saya akan membagikan beberapa materi yang saya tangkap dari mentoring kemarin.
...

1. Hati yang selalu bersyukur
Berdayakanlah hati yang selalu sabar dalam melaksanakan hidup ketika mendapat cobaan dari Allah kemudian bersyukur dari setiap nikmat Allah sekecil apapun. Karena InshaAllah Dia selalu menjaga kita dengan Kuasanya
...
2. Jodoh yang saleh
Disini, kita menganjurkan menjadi jodoh yang sholeh bagi pasangan kita dan atau menjadikan pasangan sholeh karena kita. Berhati hatilah karena jodoh yang tidak sholeh akan menjadi penghalang kita dari rahmat Allah, jangan berhenti berusaha menjadi orang sholeh bersama karena itu lebih indah.
...
3. Anak yang sholeh
Didiklah anak anak kita dengan sebaik baiknya orang tua, berkacalah karena anak kita kelak adalah cerminan diri kita dimasa yang akan datang, berusahalah lebih menjadi orang yang lebih baik lagi.
...
4. Lingkungan ergaulan yang sholeh
Pernah mendengar, apabila bergaul dengan penjual parfum kita akan tercium wangi parfum, apabila kita bergaul dengan pandai besi kita akan tercium bau keringat karena terasa panas dan bisa saja tubuh kita terciprat bubuk besi panas. Penggambaran tersebut jelas kita harus pilih pilih dalam bergaul.
...
5. Harta yang Halal
Berhati hatilah, jangan sampai harta yang tidak halal masuk kedalam perut keluarga kita ataupun anak istri kita, karena itu akan menghambat rezeki yang lainnya, dan dalam beberapa kejadian anak yang diberi makan dengan uang haram bisa menjadi anak yang pembangkang, Naudzubillah.
...
6. Ilmu yang bermanfaat
Orangtua yang cerdas akan menghasilkan anak anak yang cerdas pula. Tidak belajar sampai perguruan tinggipun kalau otaknya berjalan lancar inshaAllah kecerdasan hanya untuk orang orang yang berfikir, sehingga dia berupaya banyak untuk mendapatkan tempat yang layak di dunia dan akhirat.
...
7.Umur yang barokah
langkahkan kaki kita ke tempat tempat yang diridhoi Allah, gunakan tangan kita dengan melakukan amal sholeh, perlakukan lisan kita jangan sampai mengucapkan kata kata yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Gunakan otak kita untuk berfikir dan menjadi orang yang cerdas. Lakukan segala yang bermanfaat di sissa umur kita, inshaAllah Barokah

No comments: